Instagram Bisnis

Cara Mudah Optimasi Instagram Bisnis Agar Lebih Optimal Sebagai Strategi Sosial Media Marketing

Sosial media Instagram diketahui telah banyak pengguna aktif disekitar kita. Hampir semua kalangan masyarakat pun dengan mudah menggunakan aplikasi untuk kepentingan pribadi maupun bisnis.

Hal itu membuat Instagram memiliki pengaruh yang menjanjikan dalam dunia bisnis. Dengan beragam fitur yang tersedia di Instagram bisnis membuat para pembisnis dapat dengan mudah menggunakan untuk mengembangkan brand mereka.

Apa Itu Instagram Bisnis?

Sama seperti namanya, Instagram bisnis adalah fitur yang disediakan oleh Instagram untuk pengguna yang memanfaatkan platform tersebut sebagai lapak jualan mereka.

Tidak jauh berbeda dengan Instagram biasa, hanya saja dari segi fungsi Instagram bisnis lebih mendukung untuk keperluan pengembangan brand usaha. Mulai dengan adanya fitur profil bisnis, insight, promote, Story link, Quick Replies, Collaborator, dan yang lain yang dapat dimanfaatkan untuk pengelolaan bisnis supaya lebih efisien.

Pentingnya Instagram Bisnis Untuk Brand Anda

Akun Instagram bisnis menawarkan berbagai manfaat bagi para pembisnis untuk tujuan sosial media marketing. Berikut beberapa alasannya :

1. Identifikasi performa akun

Instagram bisnis memberikan akses ke analitik yang lebih mendalam, seperti insight pada konten dan performa postingan akun anda. Dengan fitur tersebut akan membantu anda memahami performa dari akun Instagram secara detail. Anda juga dapat mengambil keputusan yang lebih baik dengan adanya data evaluasi dari statistik performa yang akurat.

2. Instagram Ads

Dengan akun Instagram bisnis, anda dapat membuat kampanye iklan berbayar yang tertarget, memungkinkan anda mencapai pelanggan berdasarkan demografi, minat, dan perilaku dari pelanggan.

3. Interaksi menjadi lebih baik dengan pelanggan.

Anda dapat mencantumkan informasi kontak bisnis secara lengkap mulai dari alamat, nomor telepon, dan email pada profil anda. Hal ini memudahkan calon pelanggan untuk mencari dan menghubungi kontak bisnis anda.

4. Jangkauan pelanggan menjadi lebih luas

Keuntungan lainnya adalah dengan akun Instagram bisnis anda dapat menghubungkannya dengan halaman Facebook. Sehingga memungkinkan perluasan jangakauan pelanggan.

Instagram Bisnis

4 Langkah Mudah Membuat Instagram Bisnis

Sebelum jauh ke Instagram bisnis, pastikan terlebih dahulu anda sudah menjadi bagian dari pengguna Instagram. Jika sudah, anda dapat mengikuti tahapan berikut untuk membuat Instagram bisnis seperti dibawah ini :

  1. Pergi menuju “Setting” atau “Pengaturan”
  2. Cari opsi “Akun” pada halaman pengaturan
  3. Pilih “Beralih ke Akun Profesional”
  4. Lengkapi data profil.

Cara Agar Instagram Bisnis Menjadi Lebih Optimal

Jika sudah menerapkan langkah diatas dalam membuat Instagram bisnis. Anda juga harus mengetahui langkah efektif untuk berjualan di sosial media. Hal tersebut akan membantu anda dalam mengelola dan meningkatkan penjualan bisnis. Berikut merupakan cara yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan akun Instagram bisnis.

1. Optimasi halaman profil

Langkah utama yang perlu dilakukan adalah mengoptimalkan halaman profil, mulai dari data profil, foto, bio yang menarik. Selain itu, anda juga dapat mencantumkan link website atau toko pada bagian profil agar bisa diakses dengan mudah oleh pelanggan.

2. Tentukan tema dan konten yang relevan

Memilih tema desain untuk konten bukan hanya sekedar estetika, tetapi merupakan cara terbaik untuk menampilkan refleksi dari identitas bisnis.

Selain tema, anda juga harus menghadirkan konten yang relevan untuk dapat menarik perhatian pelanggan. Mulai dari penyajian cerita atau narasi yang menarik, hingga penyampaian yang jelas dan konsisten.

3. Maksimalkan fitur insight

Seperti umumnya, dengan fitur insight anda bisa mengetahui demografi, minat, dan perilaku pelanggan. Karena itu, coba untuk memaksimalkan manfaat dari fitur insight sebagai bahan acuan dalam mengambil keputusan kedepannya untuk bisnis anda.

4. Gunakan fitur quick replies

Calon pelanggan di indonesia memiliki kecenderungan tinggi untuk bertanya-tanya seputar produk terlebih dahulu kepada pemilik. Kebiasaan tersebut dikenal dengan social-commerce. Supaya pelanggan tidak kabur karena merasa pesannya terabaikan, coba gunakan fitur quick replies.

Quick replies dapat diaktifkan melalui pengaturan, lalu pilih opsi bisnis, maka anda akan melihat quick replies sehingga anda dapat mengaktifkan dan mengatur pesan yang ingin anda kirimkan kepada pelanggan.

5. Kampanye iklan untuk promosi

Sebagai pembisnis yang menginginkan bisnisnya berkembang, jangan lupa untuk terus melakukan promosi. Salah satunya dengan menggunakan fitur  Instagram Ads.

Dengan memanfaatkan fitur tersebut akan memungkinkan anda menjangkau pengguna yang sesuai dengan target pelanggan anda. Sehingga Instagram akan mempromosikan bisnis anda, meskipun mereka tidak mengikuti akun anda.

Kesimpulan

Sebagai pelaku bisnis yang ingin menjalankan strategi sosial media marketing. Anda perlu memahami cara membuat dan mengelola akun untuk bisnis, sehingga dapat mengoptimalkan akun Instagram untuk meningkatkan konversi dan brand awareness bisnis anda.

4.9/5 - (69 votes)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *